Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Pembalikan Peran dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

Main Article Content

Nofmiyati Nofmiyati

Abstract

Asking Question of changging Role in active learning strategy is an appropriate method not only to get the whole  class’ or individual’s participation, but also to ask questions by changing the role during learning process in which the teacher first act as a student and ask questions to the students. The students then try to response the questions, and vice versa. It is believe that this short of strategy is really appropriate to increase the students’ aprticipation and activation during learing process.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nofmiyati, Nofmiyati. “Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Pembalikan Peran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa”. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 11, no. 2 (January 10, 2019): 1-13. Accessed January 20, 2022. https://journal.stainurulfalah.ac.id/index.php/al-ihda/article/view/55.
Section
Articles

References

Arifin, Zaynal, Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ITC, Yogyakarta: Skipta Media Creative, 2002.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2009

Bahrisalim, Abdul Haris, Modul Strategi Dan Model-Model PAIKEM, Jakarta: kementrian agama republik indonesia

Budimansyah, Dasim, PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan, Bandung: PT Genesindo, 2009.

Darwansyah, Strategi Belajar Menagajar, Jakarta: Diadit Media, 2009.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.2007

E. Mulyasa, Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008

Erni, Sukma, Modul Pembelajaran PAI Pendidikan Dan Latihan Profesional Guru (PLPG), Pekanbaru, 2009

Fajar, Portofolio Pembelajaran PAI, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2005

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.2008.

Hartono, PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan), Pekanbaru: Zanafa, 2008

Jamarah, Syaiful Bahri dan Aswar Zaini, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Kusuma wijaya, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Indeks, 2009

Martimis Yamin, Kiat Pembelajaran Siswa, Jakarta: GaungPersada Press, 2007.

Usman, Moh. Uzer, , Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Sudjana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Sinar Baru, 1989

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana.Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung:PT Refika Adimata, 2009

Nasution, Ditaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2000

Nunuk Suryani dan Leo Agung, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Ombak, 2012.

Pat Hollingswort & Gina Lewis, pembelajaran aktif, Jakarta: PT. Indek, 2008.

Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Sistam Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009.

Sanjaya, Wina, Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2008.

Sapriya, Pendidikan PAI, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Sibermen, Melvin L. Active Learning 101 Strategies ToTeach Any Subject, Bandung: NUANSA, 2009

Suprihatiningrum, Jamil, Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Syafi’i, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: rineka cipta, 2002.

Zaini, Hisyam, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Ihsan Madani, CTSD. Edisi revisi, 2008.